Minggu, 18 November 2012

Wisata Religi di Masjid Besar Kaliwungu

Wisata Religi di Masjid Besar Kaliwungu

Masjid yang berdiri tepat di jantung kota Kecamatan Kaliwungu ini, memiliki catatan  sejarah  tersendiri bagi umat Islam. Pasalnya, masjid yang berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 5.000 m2 tersebut dibangun oleh KH Asy’ari atau Kiai Guru —seorang ulama besar serta tokoh penyebar agama Islam di Kaliwungu.
Masih di daerah Kaliwungu, saya melihat bangunan masjid ini tepat didepan mata saya. Perhatian mata dan kamera saya tak henti-hentinya melihat bangunan ini yang kebenaran memancarkan cahaya keindahan dimalam hari kunjungan saya disini.
Daerah yang berdekatan dengan kota Semarang ini ternyata daerah yang terkenal dengan kota santri. Karena, informasi yang saya dapatkan dari google,  di Kaliwungu terdapat puluhan pondok pesantren. Salah satu kiai besar, KH. Dimyati Rois, juga tinggal ditempat tersebut.

Pada malam hari, dikawasan ini, sekitar alun-alun depan masjid, banyak para padagang yang menjajakan dagangannya. Mulai buku bekas, kaset, cd, buah-buahan, pakaian, tas, hingga nasi kucing.
Untuk berdirinya sendiri, ada banyak versi. Ada yang mengatakan masjid Agung Kaliwungu didirikan pada tahun 1653 oleh bupati Kaliwungu. Ada juga yang mengatakan berdirinya  pertama kali pada tahun 1680 silam. Yang jelas, masjid ini udah enam kali direnovasi.

Nah, buat teman-teman yang ingin berwisata ke kota Kaliwungu, bisa datang melihat masjid Al Muttaqin atau masjid Agung  ini. Letaknya sangat mudah dijangkau kok. Disitu ada sate kerbau juga lho, yang super lezat. Hmmm

3 komentar:

Unknown mengatakan...

waaahhh apik'ee

Unknown mengatakan...

semoga masjid kaliwungu lebih sukses lagi aminnnnnnnnn

Unknown mengatakan...

okey friend :)

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 favoritku. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Web Design.